Judul                                       : Maggot BSF (Black Soldier Fly) sebagai alternative sumber  protein untuk pakan ternak.

Penulis                                     : Rifa’i

Latar Belakang Penulis           : Akademisi dan Praktisi bidang Peternakan.

            Black Soldier Fly (BSF) (Hermetia illucens) merupakan serangga yang memiliki siklus hidup yang singkat, yaitu hanya membutuhkan waktu 21 hari dari telur untuk menjadi larva dan siap diolah menjadi larva BSF kering sebagai sumber protein pakan. Proses budidaya larva BSF hanya memerlukan limbah buah dan sayur (limbah organik) sebagai pakan, yang setiap saat dapat dijumpai. Larva BSF yang saat dikenal sebagai maggot BSF. Maggot BSF dapat tumbuh dan berkembang subur pada media organik, seperti sampah rumah tangga, sampah buah dan limbah organik lainnya termasuk limbah pasar.

Industri pakan ternak di dalam negeri berperan mendukung industri peternakan dan perikanan untuk menyediakan ketersediaan konsumsi daging dan produk turunannya, Pakan berkontribusi sekitar 70% dari total biaya produksi, sehingga tetap menjadi bisnis yang menjanjikan. Permintaan pakan ternak dan ikan dari tahun ke tahun terus mengalami kenaikan.

Total biaya produksi sebesar 70%, harga tertinggi terletak pada tepung ikan dan bahan pakan lainya sebagai sumber protein. Namun sayangnya tepung ikan harus didatangkan dari luar negeri. Selama ini tepung ikan lokal belum mampu sepenuhnya memenuhi standar kuantitas atau kualitas perusahaan dan produsen pakan. Selain kualitas, tepung ikan lokal juga belum mampu memasok kebutuhan industri dan produsen pakan skala besar. Hal ini dikarenakan tidak semua jenis ikan memiliki kualitas yang bagus untuk dijadikan tepung ikan. Tepung ikan yang dihasilkan bergantung pada hasil tangkapan nelayan yang ketersediaanya juga fluktuatif tergantung musim. Bahkan aktivitas produksi tepung ikan akan terhenti jika nelayan tidak melaut.

Keadaan tersebut menuntut adanya alternatif bahan pakan sumber protein yang tersedia berkelanjutan dengan harga terjangkau, sebagai pengganti tepung ikan sekaligus memiliki fungsi untuk mengurangi ketergantungan impor bahan baku pakan. Adanya peluang tersebut “Budidaya Black Soldier Fly (Hermetia illucens) sebagai Sumber Protein Pakan” perlu diambil oleh masyarakat.

Adapun cara budidaya dapat dimulai dengan awal sederhana yang dapat dilakukan pada kalangan skala rumah tangga sebagai berikut; pertama dimulai dari penetasan telur BSF, pada umur 1-5 hari diberi pakan dari media khusus, kemuadian umur 6-21 dipindahkan ke dalam kolam pembesaran kemudian diberikan pakan sekaligus media tumbuh berupa sampah organik yang telah dihaluskan atau dicacah. Sekitar umur 19-21 hari maggot BSF siap dipanen. Kemudian dilakukan pemisahan maggot BSF dari media tumbuh. Setelah maggot BSF sudah bersih terpisah dari media tumbuh maka  diperoleh maggot BSF segar, nah maggot BSF segar ini bisa langsung digunakan dan juga dapat diolah menjadi maggot kering dan produk turunan lainya.

*Diskripsi Gambar: Pemberian pakan maggot BSF mengunakan sampah organik pada kolam pembesaran.

*Sumber : dokumenasi teramaggo farm. 2020.